Sejarah Singkat Liga Inggris Sepakbola

Setelah kodifikasi sepak bola profesional oleh Asosiasi Sepak Bola pada tahun 1885, Liga Sepak Bola didirikan pada tahun 1888, setelah pertemuan yang diprakarsai oleh direktur Aston Villa William McGregor. Pada akhir musim 1888-89, Preston North End adalah klub pertama yang dinobatkan sebagai juara setelah menyelesaikan pertandingan mereka tanpa terkalahkan.

Sejarah Singkat Liga Inggris Sepakbola

Tahun-tahun awal liga didominasi oleh tim dari Utara dan Midlands, di mana profesionalisme telah dianut lebih mudah daripada di Inggris Selatan. Statusnya sebagai liga unggulan negara itu diperkuat pada tahun 1892, ketika Aliansi Sepak Bola saingannya diserap ke dalam Liga Sepak Bola. Mantan klub Aliansi terdiri dari sebagian besar Divisi Kedua baru, dari mana promosi ke tingkat atas dapat diperoleh. Baru pada tahun 1931 klub Selatan dinobatkan sebagai juara, ketika Arsenal asuhan Herbert Chapman mengamankan gelar tersebut.

Aturan yang menetapkan upah maksimum untuk pemain dihapuskan pada tahun 1961. Hal ini mengakibatkan pergeseran kekuasaan ke klub yang lebih besar. Pertimbangan finansial menjadi pengaruh yang lebih besar dari tahun 1992, ketika tim-tim di Divisi Pertama membelot untuk membentuk FA Premier League. Ini menggantikan Divisi Pertama Liga Sepakbola sebagai tingkat tertinggi sepak bola di Inggris, dan karena serangkaian kontrak televisi yang semakin besar, menempatkan kekayaan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke tangan klub papan atas.

Lima juara pertama di era Liga Premier – Arsenal, Blackburn Rovers, Chelsea, Manchester City dan Manchester United – semuanya telah memenangkan gelar setidaknya sekali sebelum tahun 1992. Leicester City menjadi juara untuk pertama kalinya pada tahun 2016, menjadi tim pertama untuk memenangkan Liga Premier tanpa sebelumnya memenangkan Divisi Pertama.

Semua klub yang pernah menjadi juara masih ada sampai sekarang dan semuanya mengambil bagian dalam empat tingkat teratas sistem liga sepak bola Inggris. Sheffield Wednesday adalah satu-satunya klub yang pernah mengubah nama mereka setelah memenangkan gelar liga sbobet bola yang dikenal sebagai The Wednesday untuk tiga pertama dari empat gelar mereka.

Manchester United telah memenangkan dua puluh gelar, terbanyak dari klub mana pun.[10] Saingan United Liverpool berada di urutan kedua dengan sembilan belas. Liverpool mendominasi selama 1970-an dan 1980-an (memenangkan sebelas gelar liga antara 1973 dan 1990), sementara Manchester United mendominasi pada 1990-an dan 2000-an di bawah manajer Sir Alex Ferguson (sebelas gelar liga antara 1993 dan 2009).

Arsenal berada di urutan ketiga dengan tiga belas gelar, setelah mendominasi selama tahun 1930-an (lima gelar liga antara 1931 dan 1938). Everton berada di urutan keempat dengan sembilan gelar. Manchester City berada di urutan kelima dengan delapan gelar. Aston Villa (tujuh) dan Sunderland (enam) mengamankan sebagian besar gelar mereka sebelum Perang Dunia I. Chelsea (enam) memenangkan sebagian besar gelar mereka di abad ke-21 (antara 2005 dan 2017).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.