Zinedine Yazid Zidane, yg lebih dikenal sebagai “Zizou”, adalah mantan pemain sepak bola profesional Prancis yang bermain menjadi gelandang serang pada tim junior Prancis dan akhirnya pada tim nasional inti buat ketika yg sangat usang.

Dia juga bermain buat klub mirip Cannes, Bordeaux, Juventus serta Real Madrid, serta membawa kemenangan buat masing-masing klub.

Keanggunan, kecepatan, dan kontrol bolanya yang luar biasa membuatnya mungkin menjadi yang terbaik pada masanya.

Zinedine Yazid Zidane Dianugerahi Oleh Pemerintah Prancis

Beliau dianugerahi Legion of gaji yg dianugerahkan oleh Pemerintah Prancis serta National Order of Merit oleh Pemerintah Aljazair buat kariernya yg luar biasa.

Lahir pada 23 Juni 1972, Zidane berasal asal Aljazair tetapi dibesarkan pada Marseille, Prancis. dia mulai bermain buat klub lokal, US Saint Henri, di usia sembilan tahun.

Pada tahun 1983, dia pindah ke klub lain, SO Septemes-les-Vallons, serta menghabiskan 3 tahun di masa belia mereka. dia kemudian dipilih oleh akademi belia Cannes selama 3 tahun.

Pada tahun 1989, Zizou menerima judi bola kontrak profesional pertamanya oleh Cannes dan melakukan debutnya di pertandingan divisi pertama Prancis melawan Nantes.

Dalam musim penuh pertamanya bersama Cannes, klub mengamankan tempat pertama di sepak bola Eropa dengan lolos ke Piala UEFA selesainya finis keempat pada perserikatan.

Beliau membentuk 61 penampilan dalam tiga musim pertamanya buat klub serta mencetak enam gol.

Di tahun 1992, Zidane menjadi bagian dari Bordeaux dan pada sanalah ia mulai menerima pengakuan internasional.

Beberapa momen kegembiraannya pada klub adalah, memenangkan Piala Intertoto 1995 sehabis mengalahkan Karlsruhe dan sebagai runner-up melawan Bayern Munich pada Piala UEFA 1995-96.

Beliau bermain dalam 139 pertandingan buat Bordeaux dan mencetak 28 gol.

Di tahun 1996, Zidane ditandatangani sang kampiun UEFA waktu itu, Juventus, buat kontrak lima tahun. pengaruh Zidane pada klub Italia eksklusif terasa, karena beliau seringkali berperan dalam gelar Serie A 1996 serta Piala Interkontinental 1996.

Ia mencetak tujuh gol pada 32 pertandingan dan klub mempertahankan gelar Serie A bahkan di isu terkini berikutnya.

Beliau bermain pada 151 pertandingan dan mencetak 24 gol buat klub selama masa jabatannya. beliau dua kali dinobatkan menjadi Pemain Terbaik Asing Serie A Tahun Ini.

Pada tahun 2001, Zidane bergabung menggunakan Real Madrid buat memecahkan rekor dunia sebanyak 150 miliar lira Italia buat kontrak empat tahun.

Di musim pertamanya, Zidane mencetak pukulan voli pemenang pertandingan yg sangat populer melawan Bayer Leverkusen pada final perserikatan Champions UEFA 2002.

Perjalanan kejayaan berlanjut pada demam isu berikutnya waktu Madrid memenangkan La-perserikatan 2003.

Di tahun 2004, beliau dinyatakan menjadi pesepakbola Eropa terbaik dalam sejarah UEFA. pada tahun 2006, dia mencetak hat-trick perdananya, melawan Sevilla, dan mengakhiri animo sebagai pencetak gol terbanyak kedua, sehabis Ronaldo.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.